7 Cara Agar TV Jernih Dengan Antena Dalam Terbukti Berhasil

 Cara agar tv jernih dengan antena dalam – Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna televisi adalah gambar siaran tv yang tidak jernih atau banyak semutnya. Kondisi ini tentu saja mengganggu kepuasan kita melihat tayangan tv favorit karena gambar tv siaran yang buruk.

Umumnya permasalahan ini dihadapi oleh pengguna tv yang memakai antena dalam untuk menangkap gelombang siaran tv. Sementara untuk pengguna yang menggunakan antena tv luar atau outdoor jarang menemui kendala siaran tv tidak jernih.

Antena tv luar memang memiliki kelebihan dalam menerima gelombang siaran tv yang lebih baik. Karena posisinya berada di luar ruangan,  maka sinyal tv dapat dengan mudah diterima oleh antena dengan maksimal.

Cara agar tv jernih dengan antena dalam

Sementara penggunaan antena dalam untuk tv, sebenarnya cukup kesulitan untuk menangkap gelombang karena terhalang oleh dinding ruangan yang cukup tebal. Namun demikian, karena alasan takut terkena sambaran petir, banyak orang yang memilih menggunakan antena dalam untuk menerima gelombang siaran tv.

Inilah cara agar tv jernih dengan antena dalam

Buat anda yang ingin menggunakan antena dalam dan tidak mau menggunakan antena luar, berikut ini adalah cara agar tv jernih dengan antena dalam yang bisa anda terapkan. Cara ini dapat digunakan oleh pemilik tv tabung maupun tv led.

1. Perhatikan kualitas antena

Saat ini jenis dan merk antena dalam atau antena indoor sudah banyak dijual di toko elektronika di sekitar kita. Bentuk dan kualitas antena dalam tv tentu saja berbeda beda. Agar mendapatkan hasil yang baik, pertimbangkan untuk memilih jenis antena yang berkualitas.

Antena dalam yang berkualitas umumnya memiliki desain dan bahan yang berkualitas, karena itu memiliki harga yang lebih mahal. Namun demikian untuk mendapatkan hasil gambar tv yang jernih harga mungkin bukan masalah bagi anda.

Salah satu antena indoor yang dikenal cukup baik dan berkualitas adalah produk dari Toyosaki. Antena keluaran produsen ini memiliki tingkat penguatan sinyal yang cukup tinggi. Sehingga layak untuk anda pertimbangkan.

2. Desain antena

Tipe dan desain antena dalam umumnya menggunakan dua jenis : jenis antena yagi dan jenis antena unidirectional.

Jenis antena yagi memiliki susunan elemen antena yang terdiri dari 3 macam : reflektor, directional dan driven. Sementara untuk jenis antena unidirectional biasanya hanya terdiri satu elemen antena baik berupa pipa logam atau pun kawat tembaga.

Dari sisi penguatan dan daya tangkap, jenis antena yagi adalah yang terbaik terutama untuk daerah yang jauh dari pemancar tv. Sedangkan tipe antena unidirectional umumnya digunakan bagi anda yang berada dekat dengan pemancar tv. Karena itu biasanya digunakan untuk daerah perkotaan.

Anda bisa  mempertimbangkan untuk membeli jenis antena dalam yang sesuai dengan posisi rumah anda dari stasiun pemancar tv.

Jenis antena dalam

3. Mengatur arah antena

Arah antena juga mempengaruhi kualitas penerimaan gelombang siaran televisi. Apalagi jika letak rumah anda jauh dari pemancar siaran tv. Arah antena yang tidak tepat atau tidak mengarah ke pemancar tv dapat berakibat pada penerimaan sinyal tv yang buruk.

Tips cara agar siaran tv jernih meskipun dengan antena dalam adalah dengan mengarahkan antena ke arah pemancar tv yang dituju. Terlebih jika anda menggunakan antena dalam jenis yagi, pengarah posisi antena yang tepat sangat membantu penerimaan sinyal tv yang baik.

4. Pakai booster sinyal

Booster sinyal merupakan perangkat yang berfungsi untuk menguatkan sinyal. Dengan perangkat ini, penangkapan sinyal tv yang lemah akan diperkuat sehingga menghasilkan gambar siaran tv yang jernih.

Pertimbangkan untuk membeli booster penguat sinyal tv jika daerah anda sangat jauh dari letak stasiun pemancar tv. 

Ada beragam jenis dan merk booster antena yang bisa anda pilih. Sesuaikan dengan posisi rumah anda. Jika rumah anda terlalu jauh dari pemancar tv, maka memilih booster dengan tingkat penguatan atau gain yang tinggi akan bermanfaat untuk anda.

Booster penguat sinyal tv

5. Letakkan antena pada posisi yang tinggi

Meskipun antena indoor merupakan antena yang dapat digunakan di dalam ruangan, namun ada baiknya anda meletakkan antena pada posisi yang lebih tinggi. Letak antena yang tinggi memungkinkan penerimaan gelombang siaran tv yang lebih baik.

Jika rumah anda terdiri dari dua lantai, anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk meletakkan antena pada lantai 2. Anda juga bisa memasang antena dalam pada bagian atas plafon rumah agar halangan sinyal bisa diminalisir.

Sementara bagi anda yang rumahnya berada dekat dengan lokasi pemancar tv, seperti pada daerah perkotaan, meletakkan antena di dekat televisi pun tidak menjadi masalah. Karena sinyal tv masih cukup kuat.

6. Gunakan kabel antena yang bagus

Penggunaan kabel antena yang bermutu tinggi akan sangat mempengaruhi kualitas penerimaan sinyal tv yang lebih baik. Karena transmisi sinyal dari antena ke televisi dapat berjalan dengan maksimal.

Kabel antena yang bagus adalah dari jenis kabel coaxial dengan dengan impedansi 75 Ohm. Selain itu kabel antena yang baik tersusun dari kawat tunggal dan susunan kawat serabut yang yang terbuat dari tembaga.

Kebutuhan panjang kabel antena tentunya harus disesuaikan dengan posisi pemasangan antena di dalam ruangan.

7. Cek sambungan dan korosi

Jika penerimaan sinyal tv anda kurang baik, ada baiknya anda memeriksa kondisi sambungan kabel antena baik yang ada pada terminal antena maupun pada konektor antena.

Tidak jarang ditemukan sambungan kabel yang kendur atau bahkan terlepas yang mengakibatkan gambar tv tidak jernih. Hal ini disebabkan karena sinyal tv tidak berjalan dengan baik.

Selain itu, cek juga barangkali ada korosi atau karat pada terminal antena atau pada elemen antena bagi anda yang menggunakan antena  dalam jenis yagi. Karat yang ada dapat mempengaruhi kualitas gelombang yang diterima.

Demikian cara agar tv jernih dengan antena dalam yang bisa anda terapkan di rumah. Jika cara diatas tidak juga mengatasi masalah penangkapan gelombang yang jelek, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan antena luar atau outdor.

Karena biar bagaimanapun kondisi ruangan dengan dinding yang tebal menyebabkan sinyal tidak dapat masuk. Karena sinyal tv tidak dapat menembus tembok. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment